Suplemen Seng Untuk Anak Hiperaktif

Anda memiliki anak yang hiperaktif? Menurut penelitian hiperaktif pada anak ternyata ada hubungan dengan konsumsi suplemen zat seng. Dalam sebuah penelitian anak dengan memperhatikan deficit hyperactivity disorder (ADHD) ditemukan bahwa anak yang mendapat ekstra seng menujukan perilaku mereka berkembang lebih cepat.

Sekitar satu dari 25 anak usia sekolah diketahui terpangaruh ADHD dengan gejala-gejala seperti masalah konsentrasi, hiperaktif dan impulsif. Paling umum pengobatan dilakukan dengan menggunakan stimulus namun penelitian menemukan vitamin dan kekurangan mineral memiliki hubungan dengan ADHD. Karena itu suplemen makanan berperan dalam mengatur kondisi tersebut.

Dalam sebuah penelitian terhadap 44 anak dengan ADHD, para peneliti Iran memberi setengah dari mereka suplemen seng dengan pengobatan methylphenidate konvensional sementara sisanya mengkonsumsi placebo dengan pengobatan biasa. Hasilnya diketahui perilaku anak dari kedua kelompok itu mengalami peningkatan selama penelitian namun mereka yang mengkonsumsi suplemen seng menujukan perkembangan perilaku yang lebih diakhir waktu penelitian selama enam minggu.

Walaupun ada beberapa efek samping yang diketahui dari kelompok anak yang mengkonsumsi seng, para peneliti yakin seng memiliki pengaruh positif pada anak dengan ADHD karena membantu mengatur fungsi neurotransmitter dopamine.Namun demikian para peneliti meminta untuk dilakukan penelitian lebih jauh agar dapat menjelaskan efek positif yang mereka temukan. Penelitian ini dimuat dalam jurnal BMC Psychiatry. (idionline/NeT)

Share This Post

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>